Banyaknya jamban yang dimiliki sebagian warga Desa Kandangmas Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus dinilai tidak layak karena hanya memanfaatkan tanah di pekarangan yang digali tanpa penutup, bahkan banyak warga yang belum memiliki jamban sendiri. Kondisi ini tentu menjadi salah satu pemicu timbulnya berbagai macam penyakit. Melihat keadaan seperti itu, Perusahaan Gas Negara ( PGN ) bekerjasama dengan Kodam IV/Diponegoro memberikan bantuan berupa 110 jamban untuk warga yang kurang mampu di Desa tersebut.
Bertempat di rumah Ibu Sanipah Rt 01 Rw 09 Desa Kandangmas Kecamatan Dawe Kepala Staf Kodim 0722/Kudus Mayor Inf Sagimin didampingi Pasiter Kapten Inf Heru Cahyono, Danramil 07/Dawe Kapten Inf Subkhi dan anggota Koramil 07/Dawe secara simbolis menyerahkan 110 jamban yang telah selesai dikerjakan oleh anggota Kodim 0722/Kudus dibantu warga secara gotong royong. Hadir pula Kepala Desa Kandangmas Bp H Sofwan beserta perangkatnya dan warga penerima bantuan jamban, Kamis (09/3).
Seperti diketahui, selama kurang lebih selama 2 bulan anggota Kodim 0722/Kudus dengan dibantu warga secara gotong royong melaksanakan pembuatan jamban sebanyak 110 buah yang tersebar di tiap-tiap RT Desa Kandangmas. “Sebelum menentukan lokasi bantuan pembangunan jamban di Wilayah Kecamatan Dawe ini, kami telah berkoordinasi dengan Pemda. Dan ternyata Desa inilah yang masih banyak rumah warga yang tidak memiliki jamban yang layak atau sehat,” ujar Kasdim Mayor Inf Sagimin.
Kepala Desa Kandangmas Bp H Sofwan sangat berterima kasih kepada Kodim 0722/Kudus dan PGN yang telah membantu dengan program jamban. “Dengan pembangunan jamban sehat ini, mudah-mudahan warga Desa Kandangmas dapat buang air besar di tempat yang layak, bersih dan sehat”, katanya.
Saat dimintai tanggapannya, Pasiter Kodim 0722/Kudus Kapten Inf Heru Cahyono mengatakan bahwa jamban merupakan kebutuhan pokok yang harus dimiliki setiap warga. “Jamban ini sepele, namun kalau tak dibuat bisa mengganggu kenyamanan dan kesehatan warga. Semakin tersedia jamban rumah, maka lingkungan kampung juga sehat,” ujar Pasiter.
Axact

Kodim 0722/Kudus

Berbuat Terbaik Berani Tulus Ikhlas

Post A Comment:

0 comments: