Header Ads

  • Kilas ...

    Kunjungan Kerja Tim Sergap Mabesad Di Kodim Kudus

    Tim Sergap (Serap Gabah) Mabesad TNI-AD dengan Ketua Koordinator Mayjen TNI Bambang Haryanto dari Staf Khusus Kasad (Koordinator Sergab Mabesad) melaksanakan kunjungan kerja di Kodim 0722/Kudus, Selasa (6/6). Kunjungan kerja ini guna mengetahui secara langsung situasi dan hasil penyerapan gabah dari petani yang dilaksanakan oleh Kodim Kudus bersama jajaran terkait. 

    Kedatangan Tim Sergab Mabesad disambut oleh Komandan Kodim 0722/Kudus Letkol Czi Gunawan Yudha Kusuma, SE MSP bersama Perwira Staf dan Danramil. Turut juga menyambut antara lain Kasi Pengadaan Sub Divre Bulog Pati Bp Suyoko, Kadinas Pertanian dan Pangan Kab.Kudus Ir. Catur Sulistiyanto, Sub Divre Bulog Kaliwungu Bp Jauhari, Kordinator PPL Kec Undaan dan Kaliwungu, Gapoktan Desa Kaliwungu, Desa Glagah Waru Undaan, Gapoktan Desa Kutuk Undaan.

    Dalam laporan awalnya Komandan Kodim menyampaikan bahwa situasi dan kondisi wilayah Kab. Kudus tentang penyerapan gabah petani kepada Bulog. Dandim juga menyampaikan bahwa hasil sergap yang dicapai sampai bulan Juni 2017 sudah mencapai 27,61 %.

    Selanjutnya penyampaiannya dari Koordinator Sergab Mabesad Mayjen TNI Bambang Haryanto menjelaskan hingga saat ini pemerintah terus berupaya mencapai tujuan ketahanan pangan yaitu melalui swasembada beras yang terus digalakkan. Hal ini mengingat ketergantuangan masyarakat Indonesia yang besar terhadap beras sebagai makanan pokok dan sumber karbohidrat.

    "Walaupun nasib dan derajat petani belum sepenuhnya terangkat, petani kita harus terus dibimbing agar sejalan dengan program pemerintah tersebut," tegasnya. Oleh karenanya lanjut Koordinator Sergab bahwa keberhasilan serap gabah adalah kerjasama antara TNI AD dengan Kementrian Pertanian adalah kerjasama yang sangat strategis.

    "Hal ini adalah salah satu upaya mengembalikan Negara Indonesia sebagai negara agraris yang berswasembada pangan, ini juga merupakan kebijakan Presiden RI," kata Koordinator Sergab Mabesad.

    Sementara itu Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kab. Kudus Bpk. Catur Sulistiyo menjelaskan selama ini Dinas Pertanian dan PPL serta Kodim 0722/Kudus sudah bekerja keras dalam upaya penyerapan gabah dari petani.

    "Banyaknya dukungan dari pemerintah seperti pupuk dan benih serta pendampingan oleh Babinsa Kodim Kudus juga turut andil dalam mensukseskan ketahanan pangan ini," kata Kadis Pertanian.

    No comments

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad