Sebagai aparat kewilayahan (Babinsa) adalah sangat dianjurkan mengetahui dan mengikuti perkembangan informasi alat teknologi pertanian yang mana sektor pertanian masih menjadi tumpuan hidup sebagian masyarakat kita yang agraris.


Berangkat dari hal tersebut Kodim 0722/Kudus mengirimkan 3(tiga) orang Babinsa untuk mengikuti Pelatihan Holtikultura (Combine Harvester) tahun 2013 pada Selasa (19/2) di Balai Pertanian Kutoharjo Kab Pati. Ketiga orang tersebut Serma Edi Sugito, Serma Junaidi dan Serda Rusmanto.


Para Babinsa bisa melihat langsung penggunaan mesin panen sekaligus perontok padi merek Crown seri Combine Harvester CCh-2000 Star. Mesin ini sukses digunakan petani di Sulawesi Selatan dan Jawa. Alat berukuran cukup besar ini andal sebagai alat panen sekaligus perontok padi. Alat bisa digunakan untuk memotong, lalu merontokkan dan butiran padinya langsung masuk karung goni.
Crown yang dioperasikan menggunakan bahan bakar solar, memiliki kapasitas 0,8 hektare per jam dan hanya membutuhkan sekitar empat orang tenaga kerja. Jadi bila sehari digunakan dalam waktu delapan jam, maka sehari mesin ini mampu memanen untuk 6,4 hektare lahan padi. Dibanding secara manual, panen hanya bisa untuk 1,5-2 ha lahan dengan tenaga kerja yang dibutuhkan sekitar 25 orang. Alat ini sangat produktif.
Axact

Kodim 0722/Kudus

Berbuat Terbaik Berani Tulus Ikhlas

Post A Comment:

0 comments: