PERAN AKTIF KODIM 0722/KUDUS DALAM MELESTARIKAN KESENIAN JAWA
Kodim 0722/Kudus, Senin (15/9/2014), turut andil dan berperan aktif dalam menampilkan dan mengikuti Sinden Idol dan Festival Karawitan 2014 yang di selenggarakan oleh Kodam IV/Diponegoro di rumah dinas Gubernur Jawa Tengah, Wisma Perdamaian, kawasan Tugu Muda, Kota Semarang. Sinden dan karawitan dari perwakilan Kodim 0722/Kudus tampil dengan nomor urut peserta ke 16 dari 36 sinden dan kelompok karawitan yang mengikuti acara dalam rangka memperingati HUT ke-65 TNI dan HUT ke-69 Kodam IV/Diponegoro tersebut.

Setiap sinden dan kelompok dapat memilih dua geding yang disediakan panitia, yakni ladrang subasiti laras slendro pathet sanga garap kendang kalih irama wiled kalajengaken, ketawang sinom wenikenya kalajengaken gendhing pilihan, lelagon dara muluk laras slendro pathet sanga miring, atau lelagon ora ngira laras slendra pathet sanga. Ada pula ladrang maskentar laras pelog pathet nem garap kendang kalih irama wiled kalajengaken ketawang suba kastawa, laras pelog pathet nem, kalajengaken gendhing pilihan lelagon gudheg Jogja laras pelog pathet nem atau Lelagon Ngundha Layangan laras pelog pathet nem.

Pangdam IV/Diponegoro, Mayjen TNI. Sunindyo dalam sambutannya setelah membuka festival tersebut menyatakan tujuan menggelar Sinden Idol dan Festival Karawitan karena merasa prihatin dengan kondisi kesenian Jawa tersebut. Pasalnya, ujar beliau, masyarakat, terutama generasi muda mulai meninggalkan kesenian karawitan yang merupakan kebudayaan bangsa yang sarat nilai-nilai luhur.

Untuk itu, lanjut Pangdam, Kodam IV/Diponegoro terpanggil menjaga eksistensi sinden dan kesenian karawitan. Mencari bibit dari generasi muda dalam rangka melestarikan kebudayaan, khususnya musik karawitan Jawa. 

“Kalau tidak dijaga nanti sinden dan karawitan bisa diklaim oleh bangsa lain,” tandasnya.
Axact

Kodim 0722/Kudus

Berbuat Terbaik Berani Tulus Ikhlas

Post A Comment:

0 comments: