Koramil 03/Undaan bersama warga dari berbagai elemen masyarakat Kab Kudus melaksanakan apel bersama dalam rangka operasi penyelamatan Gunung Kendeng yang terletak di desa Wonosoco Kec Undaan Kudus. Apel tersebut dilaksanakan pada pukul 06.00 Wib di Gedung Kesenian Kompleks Bumi Perkemahan Wisata Desa Wonosoco Kecamatan Undaan Kudus, Jumat (20/01/2017).

Kegiatan Operasi Penyelamatan Gunung Kendeng tersebut diikuti Perhutani dari BKPH Penganten, Muspika Undaan, BPBD Kudus, Karang Taruna Se-Kecamatan Undaan, Polsek dan Koramil Undaan serta warga sekitar. Kegiatan ini dibagi menjadi 10 kelompok, masing-masing kelompok mencapai 20 personil dengan jumlah keseluruhan personil penyelamat gunung Kendeng 300 orang dan dilaksanakan secara serentak diberbagai blok dengan menanam pohon jati dan sosialisasi kepada masyarakat.

Menurut Komandan Koramil 03/Undaan Kapten Inf Sri Widodo selama ini terjadinya pengundulan oleh masyarakat luar desa Wonosoco yang membuka lahan dengan cara di menebang pohon, membakar dan penyempotan sehingga pohonnya banyak yang mati. Kemudian lahan-lahn tersebut ditanami dengan tanaman semusim seperti jagung dan Waloh sehingga hutan menjadi gundul dan tidak bisa menyimpan air.

Lebih jauh Danramil Undaan menegaskan bahwa kondisi kawasan Wonosoco yang semakin memprihatinkan tersebut. Kegiatan operasi ini juga untuk memberikan sosialisasi dan penyadaran kepada masyarakat akan pentingnya menjaga alam. "Apabila hujan deras sering terjadi banjit bandang dan menimbulkan kerugian materiil khususnya desa Wonosoco," kata Danramil Undaan. 

Sementara itu Kepala Desa Wonosoco Bp Setiyo Budi mengatakan Desa Wonosoco sekarang ini menjadi daerah yang berpotensi banjir, akibatnya banyak biaya dikeluarkan untuk mengatasi akibat bencana yang terjadi. “Hampir tiap tahun Desa Wonosoco melawan banjir. apalagi selama musim penghujan seperti sekarang ini, banjir bisa datang kapanpun,” kata Kades Wonosoco.
Axact

Kodim 0722/Kudus

Berbuat Terbaik Berani Tulus Ikhlas

Post A Comment:

0 comments: