Header Ads

  • Kilas ...

    Keutamaan Shalat Tarawih di 10 Malam Pertama Bulan Ramadhan

    Keutamaan Shalat Tarawih di 10 Malam Pertama Bulan Ramadhan


    KUDUS , Kodim 0722/Kudus ( 17/05/18 ) - Anggota Kodim 0722/Kudus melaksanakan kegiatan ibadah shalat Isya’ dilanjutkan shalat tarawih dan witir bersama warga masyarakat sekitar masjid Al Ikhlas Kodim 0722/Kudus. Di bulan suci ramadhan pada umumnya umat muslim di seluruh dunia melaksanakan berbagai ibadah. Dimana ibadah yang paling utama antara lain adalah puasa, shalat terawih, tadarus, dan lainnya. Di bulan suci ini umat muslim berlomba untuk mendapatkan berbagai pahala dan berkah yang sedang banyak dilimpahkan oleh Allah SWT. Semua hal yang dilakukan oleh umat muslim dalam jalan kebaikan, maka akan dihitung ibadah oleh Allah SWT.

    Ibadah yang hanya dilakukan pada saat bulan ramadhan adalah shalat tarawih. Shalat ini memilki banyak keutamaan jika kita melaksanakannya selama satu bulan penuh, berikut masing masing fadhilah shalat tarawih di 10 malam pertama bulan suci ramadhan.
    Fase dalam shalat tarawih adalah :
    1. 10 hari pertama bulan ramadhan disebut malam rahmat
    2. 10 hari kedua disebut dengan maghfiroh
    3. 10 hari terakhir disebut itsfunminannar atau pembebasan dari api neraka.
    Selanjutnya akan dijelaskan keutamaan shalat tarawih pada 10 malam pertama :
    Malam ke 1 : Dosa bagi yang menjalankan puasa akan dihapuskan seperti layaknya bayi yang baru lahir.
    Malam ke 2 : Diapunkan dosa yang menjalankan puasa serta dosa ayah dan ibunya jika keduanya adalah muslim.
    Malam ke 3 : Dipanggillah orang yang menjalankan puasa oleh malaikat dari bawah Arasy dengan seruan “baramallah” karena Allah telah mengampunkan dosa mu.
    Malam ke 4 : Akan diberi pahala yang sama oleh orang yang membaca Kitab Zabur, Taurat, Injil, Al-Quran.
    Malam ke 5 : Akan diberi pahala orang yang puasa seperti halnya dengan orang yang shalat di Masjidil Haram, Makkah, Masjid Nabawi dan Masjidil Aqsa.
    Malam ke 6 : Sesungguhnya akan diberi pahala orang yang berpuasa seperti halnya dengan orang yang bertawaf di Baitullah.
    Malam ke 7 : Orang yang puasa pada malam ini seperti orang yang hidup pada zaman Nabi Musa, dimana nabi yang telah membantu Allah mengalahkan Firaun dan Hamman.
    Malam ke 8 : Sesungguhnya orang yang berpuasa pada malam ini akan dikaruniakan seperti Allah mengkaruniakan Nabi Ibrahim AS.
    Malam ke 9 : Akan diberikan pahala menyembah Allah SWT seperti layaknya Rasulullah SAW dan nabi-nabi menyembah Allah SWT.
    Malam ke 10 : Sesungguhnya seseorang yang berpuasa di malam yang ke 10 akan mendapatkan kebaikan di dunia dan akhirat dari Allah SWT.

    Jika masing-masing hari dalam bulan ramadhan memiliki keajaiban yang sangat luar biasa, pahala yang berlimpah dan ampunan dari Nya yang sangat diharapkan oleh para muslimin. Selagi kita tidak melakukan hal yang dilarang dan melakukan hal yang diwajibkan dan dianjurkan oleh Allah SWT maka semuanya akan dihitung Ibadah dan mudah-mudahan mendapat ridha dari Allah SWT.

    No comments

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad