Guna meningkatkan kesiapan penanganan bencana, Kodim 0722/Kudus menggelar gladi posko operasi bantuan kemanusiaan selama tiga hari, sejak Selasa (25/6/2013). Kesiapan tersebut mengantisipasi wilayah Kudus yang rentan terjadi bencana alam yang terjadi di hampir setiap tahun.

Gladi yang melibatkan Pemkab Kudus serta instansi terkait, terutama melatih kemampuan penanganan bencana di bawah pengawasan Korem 073 Makutarama di Makodim Kudus.

Komandan Korem 073/Makutarama Kolonel Arm Rufbin Marpaung,S.IP mengatakan, gladi posko ini dalam rangka operasi militer selain perang. Tujuannya, jajaran TNI harus mampu berdampingan dengan instansi terkait dalam antisipasi penanganan bencana. Meski daerah sudah ada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), namun penanganan bencana juga merupakan salah satu tugas TNI sesuai UU.

Dijelaskan, secara teori penanganan bencana mudah dilakukan tetapi pada praktiknya saat bencana terjadi, tanpa pola koordinasi yang baik, bisa jadi penanganan tidak maksimal. Untuk itu pihaknya menggandeng Pemkab Kudus berikut instansi-instansi terkait dalam gladi posko ini.

Menurut Danrem, materi gladi itu sendiri langsung merujuk pada simulasi penanganan bencana. Sehingga jajaran Kodim diberikan sejumlah permasalahan dari posko pengendali untuk diselesaikan secara optimal.

“Kunci keberhasilan penanganan bencana yakni pola koordinasi yang bagus, persamaan prosedur penanganan dengan instansi terkait, sehingga mendukung koordinasi saat penanganan bencana,” tegas Komandan Korem.







Axact

Kodim 0722/Kudus

Berbuat Terbaik Berani Tulus Ikhlas

Post A Comment:

0 comments: