Prajurit jajaran Kodim 0722/Kudus melaksanakan kesemaptaan jasmani yang diikuti oleh seluruh personel Militer dilapangan GOR Wergu Wetan pada Kamis (10/10).


Menurut Perwira Seksi Operasi selaku penyelenggara kegiatan mengatakan, “Tes kesamaptaan Jasmani dilaksanakan untuk mengukur sejauh mana kekuatan stamina dan ketahanan fisik seorang prajurit. Tes ini dilakukan secara periodik setiap 6 bulan sekali”.

Bagi prajurit TNI-AD, tes ini sangat mempengaruhi karir seorang prajurit, selain sebagai persyaratan UKP (usul kenaikan pangkat), seleksi mengikuti pendidikan militer, serta seorang perwira yang akan menduduki jabatan baru.
Pembinaan fisik dalam menghadapi kesamaptaan jasmani di Kodim 0722/Kudus dilaksanakan secara bertingkat, bertahap dan berlanjut. Pembinaan dilaksanakan meliputi aerobik rutin tiap hari Selasa dan Jum’at. Dengan kemampuan kesamaptaan jasmani yang maksimal maka diharapkan personel Kodim 0722/Kudus dapat melaksanakan tugas pokoknya sebagai prajurit  yang handal dan prefesional. 
 
Beberapa item yang dinilai dalam tes kesamaptaan Jasmani antara lain Lari selama 12 menit dengan jarak tempuh 2800 meter, Pull Up lakukan sebanyak 18 kali dengan gerakan yang sempurna nilainya 100, Sit Up minimal 43 untuk nilai 100, Push Up sebanyak 41 kali nilai 100 dan Shuttle Run (lari angka 8) dengan berlari membentuk angka 8 diantara 2 buah tiang yang berjarak 10 meter sebanyak 3. Tes ini untuk mengukur akselerasi dan kelincahan tiap peserta, waktu yang diperlukan tidak lebih dari 20 detik.

Axact

Kodim 0722/Kudus

Berbuat Terbaik Berani Tulus Ikhlas

Post A Comment:

0 comments: