Koramil Kaliwungu dan Petani Laksanakan Panen Raya Padi
Koramil 09/Kaliwungu dan para petani anggota kelompok tani “Tani Mulya” Kec Kaliwungu di Desa Sidorekso Kecamatan Kaliwungu, melakukan panen padi perdana dalam program swasembada pangan nasional, Rabu (11/3).

Komandan Koramil 09/Kaliwungu Kapten Inf A Basyir mengatakan, kegiatan tersebut merupakan puncak pelaksanaan kerjasama bidang pembudidayaan tanaman pangan antara Kodim dengan pemerintah daerah dan juga petani setempat. Keterlibatan TNI dalam program peningkatan swasembada dan ketahanan pangan merupakan program yang digagas oleh Presiden. 

“Program ini adalah salah satu upaya kita membantu pemerintah mewujudkan program ketahanan pangan nasional, sekaligus dilaksanakan demi menjamin peningkatan produksi padi melalui uji coba benih dan sistem budidaya terbaru di lahan persawahan,” ujarnya.

Danramil menambahkan, Melalui program kerjasama ini, kita harapkan produksi padi semakin bertambah, masa panen bisa lebih singkat, sehingga secara langsung membantu peningkatan produksi padi, khususnya di Kecamatan Kaliwungu hingga lebih 5 persen dari tahun sebelumnya. 

Sebelumnya, Ketua Kelompok Tani Bapak H Noor Salim mengucapkan terima kasih kepada Babinsa karena dianggap mampu memberikan pengaruh besar dalam membantu meningkatkan semangat dan rasa percaya diri petani. Dia pun turut meminta para petani agar menerapkan sistem budidaya dengan baik dan benar, melakukan pola tanam secara serentak, serta senantiasa menggunakan benih unggul dan berkualitas.

Adapun hasil panen padi kali ini menggunakan bibit padi unggul jenis “Ciherang” dengan luas tanam 2,5 ha dengan hasil per ha 12,8 ton, secara hitungan angka ini meningkat dari tahun sebelumnya dengan luas tanam yang sama.
Axact

Kodim 0722/Kudus

Berbuat Terbaik Berani Tulus Ikhlas

Post A Comment:

0 comments: