Intensitas curah hujan dalam beberapa hari ini di kota Kudus, cukup membuat masyarakat terutama yang berada di dekat aliran sungai Gelis merasa khawatir. Kodim 0722/Kudus mengerahkan Babinsa di wilayah untuk mulai mengamati sungai tersebut jika sewaktu-waktu meluap.

Komandan Kodim 0722/Kudus Letkol Czi Gunawan Yudha Kusuma mengatakan beberapa hari sebelumnya Kodim Kudus telah menekankan kepada Babinsa agar memonitor kondisi air di sungai Gelis. “Berdasarkan pantauan dilapangan beberapa bulan ini sungai Gelis belum dinormalisasi”, kata Komandan Kodim dalam sambutannya pada kegiatan Karya Bhakti Bersih-Bersih sungai Kaligelis dalam rangka HUT TNI Ke-71 dan HUT Kab Kudus ke-467, Jum’at (30/9).

Tidak tanggung-tanggung kegiatan ini melibatkan sekitar 3500 orang dari berbagai unsur antara lain berasal dari TNI, Polri, PNS, pelajar, organiasi masyarakat (ormas), serta masyarakat umum. Menurut Komandan Kodim kegiatan sosial itu merupakan inisiatif Kodim dalam rangka ulang tahun menyambut HUT TNI ke-71 setelah melihat kondisi sungai di Kudus yang cukup banyak sampahnya. 

Berangkat dari hal tersebut Kodim 0722/Kudus kemudian menjalin komunikasi dengan Pemkab Kudus serta beberapa pihak lain untuk diajak bersama-sama melakukan bersih-bersih sungai dari tumpukan sampah yang dimulai dari Jembatan Panjang hingga Jembatan Kencing.

Tujuannya adalah untuk mengurangi sampah di sungai agar terhindar dari banjir, khususnya saat curah hujan mulai tinggi seperti beberapa waktu terakhir. Mereka bergerak bersama-sama membersihkan sungai dari sampah setelah itu berbagai jenis sampah yang terkumpul, diangkut menggunakan truk sampah dari Dinas Tata Ruang Pemkab Kudus.
Axact

Kodim 0722/Kudus

Berbuat Terbaik Berani Tulus Ikhlas

Post A Comment:

0 comments: