KUDUS (20/1), Komandan Kodim 0722/Kudus Letkol Arh M. Ibnu Sukelan bersama Kepala Dinas Pertanian Ir.Budi Santoso MM mewakili Bupati Kudus hadir dalam kegiatan pencanangan gerakan perbaikan irigasi dalam rangka SWASEMBADA PANGAN PADI, JAGUNG DAN KEDELAI dan melakukan peletakan batu pertama pembangunan irigasi di areal persawahan Desa Undaan Lor di Kecamatan Undaan, Kabupaten Kudus, Selasa (20/1).

Kegiatan pencanangan gerakan perbaikan irigasi tersebut sebagai upaya pemerintah dalam mengatasi masalah pengairan dan irigasi yang merupakan salah satu pokok masalah yang harus segera di atasi demi tercapainya swasembada pangan tahun 2015 di wilayah kabupaten kudus.

Dalam sambutannya dihadapan Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Tani Mulyo Desa Undaan Lor Kecamatan Undaan, Dandim 0722/Kudus mengemukakan bahwa pemerintah pusat mentargetkan Indonesia swasembada pangan padi, jagung dan kedelai, sehingga tidak akan ada lagi impor padi dan kedelai dari Negara lain. Sedangkan untuk wilayah Kabupaten Kudus pada tahun 2015 produktifitas padi di targetkan mencapai 158.000 ton, naik 31.000 ton dari tahun sebelumnya yang hanya mencapai 127.000 ton dengan ketersediaan lahan 16.000 Ha.

Melanjutkan sambutannya, Dandim menyampaikan bahwa telah ditanda tanganinya Pakta Integritas antara Kasad dengan menteri Pertanian Republik Indonesia tentang Program Swasembada Pangan yang dicanangkan pemerintah demi tercapainya Swasembada Pangan Nasional 2015.

Dandim juga menyampaikan lima (5) hal yang harus diperhatikan oleh Pemda, Instansi terkait, para penggiat pertanian dan para petani demi tercapainya swasembada pangan yaitu tentang kesiapan bibit atau benih, ketersediaan pupuk, Alsintan (alat mesin pertanian), saluran irigasi yang memadai, kwalitas dan kwantitas lahan pertanian serta tidak lupa sumber daya manusia(SDM)yang ulet dan handal.
Axact

Kodim 0722/Kudus

Berbuat Terbaik Berani Tulus Ikhlas

Post A Comment:

0 comments: