Rasa cinta tanah air perlu ditumbuhkembangkan dalam jiwa setiap individu warga negara agar tercapai tujuan hidup bersama sebagai sebuah negara. Kapan patriotisme itu seharusnya ditumbuhkan atau dikembangkan? Sejak anak usia dini, inilah waktu yang paling tepat.

Hal tersebut disampaikan anggota Koramil 09/Kaliwungu Babinsa Setrokalangan Pelda Musyafak saat menjadi Irup pada kegiatan upacara bendera di SD N Setrokalangan 2 Kecamatan Kaliwungu Kudus, Senin (21/11). Upacara bendera dihadiri oleh Kepala sekolah, para guru serta staf sekolah serta siswa peserta upacara.

Menurut Babinsa Setrokalangan anak adalah investasi bangsa kepadanya harus bisa di gali potensi dan menanamkan semangat kebanggaan untuk bisa mencintai negerinya sendiri. Pada usia ini, anak dengan segala keunikannya adalah usia emas di mana anak sangat mudah menyerap informasi dan peka dengan lingkungannya. Segala hal yang terekam pertama kali oleh anak akan tertanam dalam otaknya hingga ia dewasa.

Oleh sebab itu, perlu upaya untuk menanamkan rasa cinta tanah air sejak anak usia dini. Apabila sejak dini perasaan bangga akan bangsanya sudah ditanamkan dengan kuat, maka semangat patriotisme akan melekat dalam diri anak. Adapun upaya yang bisa dilakukan untuk menumbuhkan atau menanamkan cinta tanah air kepada anak usia dini adalah kita kenalkan tentang apa itu Indonesia, apa itu bendera merah putih, apa itu Pancasila.

"Agar kelak anak dewasa mulai mengerti apa itu nasionalisme, apa itu rasa cinta tanah air," kata Babinsa.
Axact

Kodim 0722/Kudus

Berbuat Terbaik Berani Tulus Ikhlas

Post A Comment:

0 comments: