Babinsa adalah seorang prajurit Sapta Marga yang mana kehadirannya di tengah masyarakat harus dapat menjadi contoh dan tauladan dalam bersikap dan bertindak serta mampu untuk mempelopori dalam mengatasi berbagai hal kesulitan yang dialami warga desa di wilayah binaannya.

Seperti yang dilaksanakan anggota Koramil 09/Kaliwungu Babinsa Banget Sertu Ali Fathan bersama-sama warga masyarakat membersihkan saluran air dari sampah dan kotoran lainnya, Rabu (30/11). Kerja bhakti bersama warga RT 3 RW 2 Desa Banget Kec Kaliwungu tersebut sebagai upaya memperlancar aliran air mengingat sekarang ini sudah memasuki musim hujan.

Babinsa juga tidak segan untuk berkotor-kotor ria dalam berjibaku memungut sampah disaluran air tersebut. "Penyempitan saluran air karena sampah yang menumpuk akan bisa mengakibatkan air hujan nantinya meluap kepemukiman warga, jika hal tersebut terjadi akan lebih repot lagi," kata Babinsa. 

Menurut salah seorang warga di RT tersebut bahwa saluran air tersebut selain untuk resapan air hujan juga sekaligus sebagai saluran pembuangan limbah rumah tangga seperti air mandi dan bekas cucian. "Terima kasih kepada Babinsa, karena kalau tidak dibersihkan saluran ini sering mampet karena banyaknya sampah," ucap Bp Tono salah seorang warga yang ikut dalam kerja bhakti tersebut.

Dalam kerja bakti tersebut dimanfaatkan Babinsa guna menggugah masyarakat agar timbul kesadaran untuk hidup bersih dan menciptakan lingkungan yang sehat serta tetap terpeliharanya tradisi semangat gotong royong dan rasa kebersamaan diantara warga. Kegiatan tersebut juga selain mempererat silaturahmi Babinsa bersama warga sekaligus sebagai upaya mempererat kemanunggalan TNI-Rakyat.
Axact

Kodim 0722/Kudus

Berbuat Terbaik Berani Tulus Ikhlas

Post A Comment:

0 comments: