Anggota Koramil 02/Jati Babinsa Ngembal Kulon Serda Suyono adalah salah satu dari sekian Babinsa jajaran Kodim 0722/Kudus yang diperintahkan untuk mendampingi petani dalam rangka mendukung program pemerintah untuk membangun swasembada pangan dalam tiga tahun ke depan. Hal tersebut merupakan realisasi dari kerja sama antara TNI dan Kementerian Pertanian yang menandatangani nota kesepahaman demi mencapai target swasembada pangan.

Beras yang merupakan makanan pokok bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, tingkat pemenuhan kebutuhannya semakin meningkat tiap tahunnya seiring dengan pertumbuhan penduduk saat ini. Hal tersebut disampaikan Babinsa pada saat mendampingi petani melaksanakan tanam padi, Selasa (29/11). Petani Bp Nooryadi warga RT 04/IV dari anggota Kelompok tani Dapur Wetan tersebut menanam padi jenis Mikongga pada lahan tanam seluas 2800M2.

Tanam padi bulan ini merupakan MT (Masa Tanam) 1 yang merupakan identik dengan musim penghujan. "Secara umum biasanya MT1 di awali pada Bulan November dan akan berakhir dengan panen di pertengahan atau akhir bulan Februari," kata Babinsa.

Lebih lanjut Serda Suyono menyampaikan bahwa upaya pendampingan kepada petani adalah dimulai sejak dari pengolahan lahan, tanam hingga panen serta pasca panen. Upaya lainnya yaitu membantu kelancaran pemenuhan pupuk maupun pengendalian hama penyakit serta bantuan alsintan. Dari upaya pendampingan yang telah dilaksanakan oleh Babinsa tersebut diharapkan petani akan bersedia menjual hasil panennya nanti kepada Bulog yang mana hasil panen tersebut oleh Bulog akan digunakan sebagai stok pangan di wilayah.
Axact

Kodim 0722/Kudus

Berbuat Terbaik Berani Tulus Ikhlas

Post A Comment:

0 comments: