KUDUS - Anggota Koramil 04/Jekulo Serka Nur Rokhim Babinsa Hadipolo beserta Anggota koramil 04/Jekulo dan Bhabinkamtibmas Hadipolo beserta Anggota Polsek Jekulo melaksanakan pengamanan Pembukaan Kirab Budaya Bulusan di dukuh Sumber, Desa Hadipolo kec. Jekulo, Kab. Kudus. Rabu (17/04/2024)

Hadir dalam perayaan kirab tersebut Bpk Nor Hadi ( ketua panitia wisata Bulusan), KH.Sirojjudin (Juru kunci Bulusan), Serka Nur Rokhim (Babinsa Hadipolo), Aipda Muslimin (Bhabinkamtibmas Hadipolo), Para warga dan pengunjung wisata Bulusan serta para peserta kirab dari tiap tiap RT se dukuh sumber desa Hadipolo.

Acara pembukaan Kirab Budaya Bulusan di lokasi Start SD 4 dukuh Sumber Rt 2/5 desa Hadipolo menuju finish di lokasi wisata Bulusan dukuh Sumber Rt 4/5 Desa Hadipolo ini di buka dan di lepas  langsung oleh ketua panitia Bulusan. Kirab budaya bulusan menempuh jarak kira kira 1 km dari start sampai finish.  Iring iringan kirab di ikuti sekitar 500 orang. Peserta kirab menampilkan kreasi dan inovasi dari tiap tiap RT se dukuh sumber desa Hadipolo.


Kirab Budaya Bulusan di lokasi wisata Bulusan ini rutin di laksanakan tiap tahun sekali. Sesampainya di Finish dilokasi Bulusan di lanjutkan penyerahan bawaan kirab kepada juru kunci bulusan. Acara di lanjutkan pemberian makan kepada bulus dan doa bersama dipimpin oleh juru kunci bulusan. Acara dilanjutkan rebutan gulungan hasil bumi oleh warga dan acara di tutup dengan bacaan Alhamdulillah oleh pembawa acara.

Babinsa Hadipolo Serka Nur Rokhim mengatakan, untuk peserta yang berpartisipasi dalam tradisi tahunan itu diikuti oleh ribuan warga Desa Hadipolo. Tradisi tahunan itu dikenal sebagai tradisi Bulusan. Puncak dari tradisi itu memberikan makan bulus dengan ketupat.

“Tradisi tersebut berlangsung meriah. Antusias warga juga tinggi karena lokasi desa tersebut dipadati oleh warga dari berbagai tempat di Kudus. Dalam tradisi tersebut ada belasan gunungan hasil bumi juga diarak, dan Alhamdulillah kegiatan ini berlangsung dengan tertib, aman dan lancar” Tambahnya. (Kodim 0722/Kudus)

  

Axact

Kodim 0722/Kudus

Berbuat Terbaik Berani Tulus Ikhlas

Post A Comment:

0 comments: