KUDUS – Dandim 0722/Kudus Letkol Inf Andreas Yudhi Wibowo,S.I.P., bersama menghadiri Festival Sewu Kupat Muria Tahun 2024 di Taman Ria Desa Colo, Kecamatan Dawe,  Rabu (17/04/2024).

Lautan manusia membanjiri lokasi finish kirab gunungan ketupat dan turut memeriahkan acara hingga rampung.

Acara Festifal Sewu Kupat yang di buka oleh Pj Bupati Kudus Dr. H.M. Hasan Chabibie, S.T., M.si,dalam Sambutnya mengapresiasi tradisi lokal Kudus Sewu Kupat Muria yang digelar meriah ini dan kita harus menjaga kearifan lokal itu harus terus dilestarikan agar khazanah budaya Kudus makin berkembang.

Sedikitnya ada 23 gunungan ketupat dan lepet yang dihadirkan dalam festival kali ini. 5 gunungan diantaranya merupakan persembahan dari warga dan Pemerintah Desa Colo. Sementara 17 gunungan lainnya dari 17 desa tetangga di Kecamatan Dawe yang turut berpartisipasi.

Sebelumnya, puluhan gunungan tersebut didoakan terlebih dahulu di Makam Sunan Muria sekaligus mengalap berkah dari sunan. Kemudian, diarak sepanjang 300 meter dari Makam Sunan Muria menuju Taman Ria Desa Colo.

Di sela Acara Dandim 0722/Kudus Letkol Inf Andreas Yudhi Wibowo,S.I.P., juga mengatakan Festival Sewu Kupat Muria kembali dilaksanakan setelah beberapa tahun absen akibat Covid-19  setelah tadi di buka oleh Pj Bupati Kudus, mari kita jaga dan lestarikan kearifan budaya lokal. Pungkasnya (Kodim 0722/Kudus).

Axact

Kodim 0722/Kudus

Berbuat Terbaik Berani Tulus Ikhlas

Post A Comment:

0 comments: